Minggu, 06 April 2014

0 Membuat Lingkungan Kerja Nyaman dan Menyenangkan

Bekerja adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa bekerja, pastinya kita tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup kita. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Banyak orang yang menganggap bahwa mempunyai pekerjaan dengan gaji yang tinggi merupakan pekerjaan yang pasti terjamin dan menyenangkan.
Namun, bekerja tidak hanya soal semata-mata gaji yang tinggi dan gaji yang tinggi pula bukanlah jaminan bahwa kita akan merasa senang dan nyaman dengan pekerjaan yang kita miliki. Faktor lain yang mendukung untuk membuat kita merasa nyaman dan senang dengan pekerjaan yang dimiliki adalah lingkungan atau suasana di lingkungan kerja.
Banyak hal yang kita inginkan dari suatu pekerjaan, terutama kita menginginkan sebuah lingkungan kerja dengan bos dan rekan-rekan kerja yang menyenangkan dan juga mendapat gaji yang besar. Namun, semua itu belum tentu bisa kita dapatkan. Ada beberapa hal yang perlu kita amati dan lakukan supaya kita dapat merasa nyaman dengan lingkungan kerja dimana kita berada.


Hal-hal yang didambakan dari suatu pekerjaan.
Setiap orang tentunya mendambakan dan menginginkan suatu pekerjaan dengan lingkungan kerja yang nyaman. Apa saja yang membuat banyak orang bisa merasa nyaman dengan lingkungan pekerjaannya?
  • Gaji yang tinggi.
  • Tempat kerja atau kantor yang nyaman. Dimana ruang kerja atau kantor yang nyaman akan sangat dibutuhkan untuk membuat kita sebagai para pekerja dapat lebih berelaksasi dengan baik dan tenang dan setelahnya dapat melanjutkan pekerjaan dengan hasil yang lebih maksimal
  • Hubungan dengan bos atau atasan. Adanya batas jarak yang jauh antara bawahan dengan atasan pastinya akan membuat rasa tidak nyaman atau segan. Hubungan dengan jarak yang lebih dekat akan membuat suasana atau lingkungan menjadi lebih nyaman
  • Rekan kerja yang kooperatif. Jika kita mendapat rekan yang bisa bekerjasama dan mendukung satu sama lainnya pastinya lingkungan atau suasana kerja akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Adanya kerenggangan akan menciptakan suasana yang tidak kondusif bagi pekerjaan kita.
  • Jam kerja yang tidak terbatas dengan batasan office hours. Banyak dari anda yang mungkin lebih senang dengan pekerjaan yang tidak mempunyai jam kerja tetap sehingga anda bisa lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan dan anda tidak selalu harus berada di kantor setiap saat.
  • Dan masih banyak hal lainnya yang dapat anda tambahkan sesuai dengan keinginan anda.


Beberapa hal yang bisa mendukung agar lingkungan kerja terasa lebih nyaman.

Kita semua tentu menginginkan pekerjaan dengan kriteria-kriteria seperti disebutkan di atas, namun dalam suatu pekerjaan belum tentu kita bisa mendapatkan semua hal tersebut. Maka, untuk mengantisipasi perasaan tidak nyaman karena kita tidak mendapat semua kriteria yang kita inginkan tersebut, sangat penting untuk kita melakukan beberapa tips di bawah ini agar kita bisa merasa lebih nyaman dengan lingkungan kerja;
  • Bersikap lebih terbuka. Jangan menutup diri anda untuk mendengar saran-saran atau nasihat dari atasan anda maupun rekan-rekan anda. Dengarkanlah pendapat dan saran mereka, selain membuat hubungan anda dengan mereka lebih nyaman, hal tersebut bisa anda gunakan supaya anda dapat lebih maju dan sukses dengan pekerjaan anda.
  • Tidak selalu bergantung dengan atasan. Usahakan agar anda bisa menyelesaikan masalah-masalah tanpa semuanya bergantung pada keputusan atasan, karena jika anda selalu bergantung, anda bisa saja dicap sebagai orang yang tidak bisa dipercaya untuk menghadapi masalah-masalah besar lainnya dan tentunya hal tersebut akan membuat anda tidak nyaman di tempat kerja
  • Batasi sikap mengeluh. Jangan selalu mengeluh tentang pekerjaan anda di tempat kerja baik itu dengan rekan maupun atasan anda. Bersikaplah lebih profesional. Dengan selalu mengeluh, rekan anda bisa menjadi bosan mendengar keluhan anda setiap saat dan hal tersebut dapat menyebabkan suasana lingkungan kerja yang kurang menyenangkan baik bagi rekan anda maupun anda nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar